Anda Adalah Pengunjung ke

Kata Kerja Operasional




Kata Kerja Operasional
Komponen penting dalam silabus maupun RPP, setelah standar kompetensi atau kompetensi dasar adalah indikator pencapaian kompetensi. Komponen ini penting karena  menjadi dasar untuk menyusun indikator penilaian. Indikator penilaian perlu dirumuskan untuk dijadikan pedoman penilaian bagi guru, peserta didik maupun evaluator di sekolah. Dengan demikian indikator penilaian bersifat terbuka dan dapat diakses dengan mudah oleh warga sekolah. Setiap penilaian yang dilakukan melalui tes dan non-tes harus sesuai dengan indikator penilaian.
Indikator penilaian menggunakan kata kerja lebih terukur dibandingkan dengan indikator (indikator pencapaian kompetensi). Rumusan indikator penilaian memiliki batasan-batasan tertentu sehingga dapat dikembangkan menjadi instrumen penilaian dalam bentuk soal, lembar pengamatan, dan atau penilaian hasil karya atau produk, termasuk penilaian diri.
Kata Kerja Operasional untuk pengembangan Indikator Silabus dan RPP berdasarkan taksonomi Bloom dibagi dalam beberapa pencapaian kompetensi dasar, yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.
Taksonomi Bloom pertama kali disusun oleh Benjamin S. Bloom pada tahun 1956. Dalam hal ini, tujuan pendidikan dibagi menjadi beberapa domain  dan setiap domain tersebut dibagi kembali ke dalam pembagian yang lebih rinci berdasarkan hirarkinya.
Tujuan pendidikan dibagi ke dalam tiga domain, yaitu: 
1. Cognitive Domain (Ranah Kognitif), yang berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berpikir.
1.      Affective Domain (Ranah Afektif) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat, sikap, apresiasi, dan cara penyesuaian diri.
2.     Psychomotor Domain (Ranah Psikomotor) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin.
Dalam mengembangkan indikator perlu mempertimbangkan:
1.      Tuntutan kompetensi yang dapat dilihat melalui kata kerja yang digunakan dalam Kompetensi Dasar;
2.     Karakteristik mata pelajaran, peserta didik, dan sekolah;
3.     Potensi dan kebutuhan peserta didik, masyarakat, dan lingkungan/ daerah.
Daftar kata kerja operasional dengan tiga ranah yang biasa dipergunakan untuk menyusun indikator.
A. Ranah Kognitif
Indikator kognitif proses merupakan perilaku (behavior) siswa yang diharapkan muncul setelah melakukan serangkaian kegiatan untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Perilaku ini sejalan dengan keterampilan proses sains, tetapi yang karakteristiknya untuk mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Indikator kognitif produk berkaitan dengan perilaku siswa yang diharapkan tumbuh untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Indikator kognitif produk disusun dengan menggunakan kata kerja operasional  aspek kognitif. Objek dari indikator adalah produk IPA misalnya konsep, hukum, kaidah dll.

1.      Pengetahuan (C1) : mengutip, menyebutkan, menjelaskan, menggambar, membilang, mengidentifikasi, mendaftar, menunjukkan, memberi label, memberi indeks, memasangkan, menamai, menandai, membaca, menyadari, menghafal, meniru, mencatat, mengulang, mereproduksi, meninjau, memilih, menyatakan, mempelajari, mentabulasi, memberi kode, menelusuri, menulis
2.     Pemahaman (C2) : memperkirakan, menjelaskan, mengkategorikan, mencirikan, merinci, mengasosiasikan, membandingkan, menghitung, mengkontraskan, mengubah, mempertahankan, menguraikan, menjalin, membedakan, mendiskusikan, menggali, mencontohkan, menerangkan, mengemukakan, mempolakan, memperluas, menyimpulkan, meramalkan, merangkum, menjabarkan
3.     Penerapan (C3) : menugaskan, mengurutkan, menerapkan, menyesuaikan, mengkalkulasi, memodifikasi, mengklasifikasi, menghitung, membangun , membiasakan, mencegah, menentukan, menggambarkan, menggunakan, menilai, melatih, menggali, mengemukakan, mengadaptasi, menyelidiki, mengoperasikan, mempersoalkan, mengkonsepkan, melaksanakan, meramalkan, memproduksi, memproses, mengaitkan, menyusun, mensimulasikan, memecahkan, melakukan, mentabulasi, memproses, meramalkan
4.     Analisis (C4) : menganalisis, mengaudit, memecahkan, menegaskan, mendeteksi, mendiagnosis, menyeleksi, merinci, menominasikan, mendiagramkan, megkorelasikan, merasionalkan, menguji, mencerahkan, menjelajah, membagankan, menyimpulkan, menemukan, menelaah, memaksimalkan, memerintahkan, mengedit, mengaitkan, memilih, mengukur, melatih, mentransfer
5.     Sintesis (C5) :  mengabstraksi, mengatur, menganimasi, mengumpulkan, mengkategorikan, mengkode, mengombinasikan, menyusun, mengarang, membangun, menanggulangi, menghubungkan, menciptakan, mengkreasikan, mengoreksi, merancang, merencanakan, mendikte, meningkatkan, memperjelas, memfasilitasi, membentuk, merumuskan, menggeneralisasi, menggabungkan, memadukan, membatas, mereparasi, menampilkan, menyiapkan memproduksi, merangkum, merekonstruksi
6.     Penerapan (C6) : membandingkan, menyimpulkan, menilai, mengarahkan, mengkritik, menimbang, memutuskan, memisahkan, memprediksi, memperjelas, menugaskan, menafsirkan, mempertahankan, memerinci, mengukur, merangkum, membuktikan, memvalidasi, mengetes, mendukung, memilih, memproyeksikan
B. Ranah Afektif
Indikator afektif merupakan sikap yang diharapkan saat dan setelah siswa melakukan serangkaian kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran IPA, indicator afektif berkaitan dengan salah satu hakekat IPA yaitu sikap ilmiah. Oleh karena itu, indicator afektif disusun dengan menggunakan kata kerja operasional dengan objek sikap ilmiah. Beberapa contoh sikap ilmiah adalah: berlaku jujur, peduli, tanggungjawab dll. Selain itu, indicator Afektif juga perlu memunculkan keterampilan social misalnya: bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dll.
1.      Menerima : memilih, mempertanyakan, mengikuti, memberi, menganut, mematuhi, meminati
2.     Menanggapi : menjawab, membantu, mengajukan, mengompromikan, menyenangi, menyambut, mendukung, menyetujui, menampilkan, melaporkan, memilih, mengatakan, memilah, menolak
3.     Menilai : mengasumsikan, meyakini, melengkapi, meyakinkan, memperjelas, memprakarsai, mengimani, mengundang, menggabungkan, mengusulkan, menekankan, menyumbang
4.     Mengelola : menganut, mengubah, menata, mengklasifikasikan, mengombinasikan, mempertahankan, membangun, membentuk pendapat, memadukan, mengelola, menegosiasi, merembuk
5.     Menghayati : mengubah perilaku, berakhlak mulia, mempengaruhi, mendengarkan, mengkualifikasi, melayani, menunjukkan, membuktikan, memecahkan
C. Ranah Psikomotor
Indikator psikomotorik merupakan perilaku (behavior) siswa yang diharapkan tampak setelah siswa mengikuti pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Selama proses pembelajaran IPA, diperlukan kegiatan yang berkaitan dengan percobaan, penemuan atau pembuktian konsep. Kegiatan ini melibatkan aktivitas fisik, misalnya merangkai, mengukur, membuat, dll.
  1. Menirukan (P1): mengaktifkan, menyesuaikan, menggabungkan, melamar, mengatur, mengumpulkan, menimbang, memperkecil, membangun, mengubah, membersihkan, memposisikan, mengonstruksi
  2. Memanipulasi (P2): mengoreksi, mendemonstrasikan, merancang, memilah, melatih, memperbaiki, mengidentifikasikan, mengisi, menempatkan, membuat, memanipulasi, mereparasi, mencampur
  3. Pengalamiahan (P3): mengalihkan, menggantikan, memutar, mengirim, memindahkan, mendorong, menarik, memproduksi, mencampur, mengoperasikan, mengemas, membungkus
  4. Artikulasi (P4): mengalihkan, mempertajam, membentuk, memadankan, menggunakan, memulai, menyetir, menjeniskan, menempel, menseketsa, melonggarkan, menimbang
Selain contoh di atas berikut kami sajikan kata kerja operasional berdasarkan karakteristik mata pelajaran yang kami kutip dari pedoman pengembangan indikator Dari Depdiknas 2008.
Contoh Kata Kerja Operasional
Sesuai dengan Karakteristik Matapelajaran

Berhubungan dengan prilaku sosial
  1. menerima (accept)
  2. mengakui/menerima sesuatu (admit)
  3. menyetujui (agree)
  4. membantu (aid)
  5. membolehkan/menyediakan/memberikan (allow)
  6. menjawab (answer)
  7. menjawab/mengemukakan pendapat dengan alasan-alasan (argue)
  8. mengkomunikasikan (communicate)
  9. memberi pujian/mengucapkan selamat (compliment)
  10. menyumbang (contribute)
  11. bekerjasama (cooperate)
  12. berdansa (dance)
  13. menolak /menidaksetujui (disagree)
  14. mendiskusikan (discuss)
  15. memaafkan (excuse)
  16. memaafkan (forgive)

  1. menyambut/menyalami (greet)
  2. menolong/membantu (help)
  3. berinteraksi/melakukan interaksi (interact)
  4. mengundang (invite)
  5. menggabung (joint)
  6. menertawakan (laugh)
  7. menemukan (meet)
  8. berperanserta (participate)
  9. mengizinkan/membolehkan (permit)
  10. memuji-muji (praise)
  11. bereaksi (react)
  12. menjawab/menyahut (reply)
  13. tersenyum (smile)
  14. berbicara (talk)
  15. berterimakasih (thank)
  16. berkunjung (visit) 
  17. bersukarela (volunteer)

Berhubungan dengan kompetensi berpikir tingkat tinggi
(complex, logical, judgmental behaviors)
  1. menganalisis (analyze)
  2. menghargai (appraise)
  3. menilai (assess)
  4. mengkombinasikan (combine)
  5. membandingkan (compare)
  6. menyimpulkan (conclude)
  7. mengkontraskan (contrast)
  8. mengkritik (critize)
  9. menarik kesimpulan (deduce)
  10. membela/mempertahankan (defend)
  11. menunjukkan / menandakan (designate)
  12. menentukan (determine)
  13. mencari /menjelajah (discover)
  14. mengevaluasi (evaluate)
  15. merumuskan (formulate)
  16. membangkitkan/menghasilkan/menyebabkan (generate)
  17. membujuk/menyebabkan (induce)
  18. menduga/mengemukan pendapat/mengambil kesimpulan (infer)
  19. merencanakan (plan)
  20. menyusun (structure)

  1. menggantikan (substitute)
  2. menyarankan (suggest)
  3. memilih (choose)
  4. mengumpulkan (collect)
  5. mendefinisikan (define)
  6. menjelaskan sesuatu (describe)
  7. mendeteksi (detect)
  8. membedakan antara 2 macam (differentiate)
  9. membedakan/memilih-milih (discriminate)
  10. membedakan sesuatu (distinguish)
  11. mengidentifikasi (identify)
  12. mengindikasi (indicate)
  13. mengisolasi (isolate)
  14. mendaftarkan (list)
  15. memadukan (match)
  16. meniadakan (omit)
  17. mengurutkan (order)
  18. mengambil (pick)
  19. menempatkan (place)
  20. menunjuk (point)
  21. memilih (select)
  22. memisahkan (separate)

Berhubungan dengan kompetensi musik (seni)
  1. meniup (blow)
  2. menundukkan kepala (bow)
  3. bertepuk (clap)
  4. menggubah /menyusun (compose)
  5. menyentuh (finger)
  6. memadankan/berpadanan (harmonize)
  7. menyanyi kecil/bersenandung (hum)
  8. membisu (mute)

  1. memainkan (play)
  2. memetik (misal gitar) (pluck)
  3. mempraktikkan (practice)
  4. menyanyikan (sing)
  5. memetik/mengetuk-ngetuk (strum)
  6. mengetuk (tap)
  7. bersiul (whistle)

Berhubungan dengan kompetensi berbahasa
  1. menyingkat/memendekkan (abbreviate)
  2. memberi tekanan pada sesuatu /menekankan (accent)
  3. mengabjad/menyusun menurut abjad (alphabetize)
  4. mengartikulasikan/ mengucapkan kata-kata dengan jelas (articulate)
  5. memanggil (call)
  6. menulis dengan huruf besar (capitalize)
  7. menyunting/mengedit (edit)
  8. menghubungkan dengan garis penghubung (hyphenate)
  9. memasukkan (beberapa spasi) /melekukkan (indent)
  10. menguraikan/memperlihatkan garis bentuk/ menggambar denah atau peta (outline)
  11. mencetak (print)
  12. membaca (read)

  1. mendeklamasikan/membawakan/mencerita-kan (recite)
  2. mengatakan (say)
  3. menandai (sign)
  4. berbicara (speak)
  5. mengeja (spell)
  6. menyatakan (state)
  7. menyimpulkan (summarize)
  8. membagi atas suku-suku kata (syllabicate)
  9. menceritakan (tell)
  10. menerjemahkan (translate)
  11. mengungkapkan dengan kata-kata (verbalize)
  12. membisikkan (whisper)
  13. mengucapkan/melafalkan/menyatakan (pronounce)
  14. memberi atau membubuhkan tanda baca (punctuate)
  15. menulis (write)

Berhubungan dengan kompetensi drama

  1. berakting/berperilaku (act)
  2. menjabat/mendekap/ menggengam (clasp)
  3. menyeberang/melintasi/ berselisih (cross)
  4. menunjukkan/mengatur/ menyutradarai (direct)
  5. memajangkan (display)
  6. memancarkan (emit)
  7. memasukkan (enter)
  8. mengeluarkan (i
  9. mengekspresikan (express)
  10. meniru (imitate)
  11. meninggalkan (leave)

  1. menggerakkan (move)
  2. berpantomim/meniru gerak tanpa suara (pantomime)
  3. menyampaikan/menyuguhkan/ mengulurkan/melewati (pass)
  4. memainkan/melakukan (perform)
  5. meneruskan/memulai/beralih (proceed)
  6. menanggapi/menjawab/ menyahut (respond)
  7. memperlihatkan/menunjukkan (show)
  8. mendudukkan (sit)
  9. membalik/memutar/mengarahkan/mengubah/ membelokkan (turn)

Berhubungan dengan kompetensi seni lukis
  1. memasang (assemble)
  2. mencampur (blend)
  3. menyisir/menyikat (brush)
  4. membangun (build)
  5. mengukir (carve)
  6. mewarnai (color)
  7. mengkonstruk/membangun(construct)
  8. memotong (cut)
  9. mengoles (dab)
  10. menerangkan (dot)
  11. menggambar (draw)
  12. mengulang-ulang/melatih (drill)
  13. melipat (fold)
  14. membentuk (form)
  15. menggetarkan/memasang (frame)
  16. memalu (hammer)
  17. menangani (handle)
  18. menggambarkan (illustrate)
  19. mencairkan (melt)
  20. mencampur (mix)
  21. memaku (nail)
  22. mengecat (paint)
  23. menepuk (pat)

  1. menggosok (polish)
  2. menuangkan (pour)
  3. menekan (press)
  4. menggulung (roll)
  5. menggosok/ menyeka (rub)
  6. menggergaji (saw)
  7. memahat (sculpt)
  8. menyampaikan/melempar (send)
  9. mengocok (shake)
  10. membuat sketsa (sketch)
  11. menghaluskan (smooth)
  12. mengecap/menunjukkan (stamp)
  13. melengketkan (stick)
  14. mengaduk (stir)
  15. meniru/menjiplak (trace)
  16. menghias/memangkas (trim)
  17. merengas/memvernis (varnish)
  18. melekatkan/menempelkan/merekatkan (paste)
  19. menyeka/menghapuskan/ membersihkan (wipe)
  20. membungkus (wrap)

Berhubungan dengan kompetensi fisik (jasmani)
  1. melengkungkan (arch)
  2. memukul (bat)
  3. menekuk/melipat/ membengkokkan (bend)
  4. mengangkat/membawa (carry)
  5. menangkap (catch)
  6. mengejar/memburu (chase)
  7. memanjat (climb)
  8. menghadap (face)
  9. mengapung (float)
  10. merebut/menangkap/ mengambil (grab)
  11. merenggut/memegang/ menyambar/merebut (grasp)
  12. memegang erat-erat (grip)
  13. memukul/menabrak (hit)
  14. melompat/meloncat (hop)
  15. melompat (jump)
  16. menendang (kick)

  1. mengangkat/mencabut i
  2. berbaris (march)
  3. melempar/memasangkan/memancangkan/menggantungkan (pitch)
  4. menarik (pull)
  5. mendorong (push)
  6. berlari (run)
  7. mengocok (shake)
  8. bermain ski (ski)
  9. meloncat (skip)
  10. berjungkirbalik (somersault)
  11. berdiri (stand)
  12. melangkah (step)
  13. melonggarkan/merentangkan (stretch)
  14. berenang (swim)
  15. melempar (throw)
  16. melambungkan/melontarkan (toss)
  17. berjalan (walk)

Berhubungan dengan perilaku kreatif
1.     mengubah (alter)
2.     menanyakan (ask)
3.     mengubah (change)
4.     merancang (design)
5.     menggeneralisasikan (generalize)
6.     memodifikasi (modify)
7.     menguraikan dengan kata-kata sendiri (paraphrase)
8.     meramalkan (predict)
9.     menanyakan (question)
10.  menyusun kembali (rearrange)
11.  mengkombinasikan kembali (recombine)
12.  mengkonstruk kembali (reconstruct)

13.  mengelompokkan kembali (regroup)
14.  menamakan kembali (rename)
15.  menyusun kembali (reorder)
16.  mengorganisasikan kembali (reorganize)
17.  mengungkapkan kembali (rephrase)
18.  menyatakan kembali (restate)
19.  menyusun kembali (restructure)
20.  menceritakan kembali (retell)
21.  menuliskan kembali (rewrite)
22.  menyederhanakan (simplify)
23.  mengsintesis (synthesize)
24.  mengsistematiskan (systematize)

Berhubungan dengan kompetensi matematika
  1. menambah (add)
  2. membagi dua (bisect)
  3. menghitung/mengkalkulasi (calculate)
  4. mencek/meneliti (check)
  5. membatasi (circumscribe)
  6. menghitung/mengkomputasi (compute)
  7. menghitung (count)
  8. memperbanyak (cumulate)
  9. mengambil dari (derive)
  10. membagi (divide)
  11. memperkirakan (estimate)
  12. menyarikan/menyimpulkan  (extract)
  13. memperhitungkan (extrapolate)
  14. membuat grafik (graph)
  15. mengelompokkan (group)

  1. memadukan/mengintegrasikan (integrate)
  2. menyisipkan/menambah (interpolate)
  3. mengukur (measure)
  4. mengalikan/memperbanyak (multiply)
  5. menomorkan (number)
  6. membuat peta (plot)
  7. membuktikan (prove)
  8. mengurangi (reduce)
  9. memecahkan (solve)
  10. mengkuadratkan(square)
  11. mengurangi (substract)
  12. menjumlahkan (sum)
  13. mentabulasi (tabulate)
  14. mentally (tally)
  15. memverifikasi (verify)

Berhubungan dengan kompetensi sains
  1. menjajarkan (align)
  2. menerapkan (apply)
  3. melampirkan (attach)
  4. menyeimbangkan (balance)
  5. mengkalibrasi (calibrate)
  6. melaksanakan (conduct)
  7. menghubungkan (connect)
  8. mengganti (convert)
  9. mengurangi (decrease)
  10. mempertunjukkan/memperlihatkan (demonstrate)
  11. membedah (dissect)
  12. memberi makan (feed)
  13. menumbuhkan (grow)
  14. menambahkan/meningkatkan (increase)
  15. memasukkan/menyelipkan (insert)
  16. menyimpan (keep)
  17. memanjangkan (lenghthen)
  18. membatasi (limit)
  19. memanipulasi (manipulate)
  20. mengoperasikan (operate)

  1. mengkalibrasi (calibrate)
  2. melaksanakan (conduct)
  3. menghubungkan (connect)
  4. mengganti (convert)
  5. mengurangi (decrease)
  6. mempertunjukkan/memperlihatkan (demonstrate)
  7. membedah (dissect)
  8. memberi makan (feed)
  9. menumbuhkan (grow)
  10. menambahkan/meningkatkan (increase)
  11. memasukkan/menyelipkan (insert)
  12. menyimpan (keep)
  13. memanjangkan (lenghthen)
  14. membatasi (limit)
  15. memanipulasi (manipulate)
  16. mengoperasikan (operate)
  17. menanamkan (plant)
  18. menyiapkan (prepare)
  19. memindahkan(remove)
  20. menempatkan kembali(replace)
  21. melaporkan (report)
  22. mengatur ulang (reset)
  23. mengatur (set)
  24. menentukan/menetapkan (specify)
  25. meluruskan (straighten)
  26. mengukur waktu (time)
  27. mentransfer (transfer)
  28. membebani/memberati (weight)

Berhubungan dengan kompetensi umum, kesehatan, dan keamanan
  1. mengancingi (button)
  2. membersihkan (clean)
  3. menjelaskan (clear)
  4. menutup (close)
  5. menyikat/menyisir(comb)
  6. mencakup (cover)
  7. mengenakan/menyarungi (dress)
  8. minum (drink)
  9. makan (eat)
  10. menghapus (eliminate)
  11. mengosongkan (empty)
  12. mengetatkan/melekatkan (fasten)
  13. mengisi/memenuhi/melayani /membuat (fill)

  1. melintas/berjalan (go)
  2. mengikat tali/menyusuri (lace)
  3. menumpuk/menimbun (stack)
  4. menghentikan (stop)
  5. merasakan (taste)
  6. mengikat/membebat (tie)
  7. tidak mengancingi (unbutton)
  8. membuka/menanggalkan (uncover)
  9. menyatukan (unite)
  10. membuka (unzip)
  11. menunggu (wait)
  12. mencuci (wash)
  13. memakai (wear)
  14. menutup (zip)



0 komentar:

Poskan Komentar

Followers

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites